Jumat, Maret 05, 2010

Masih perlukah Asuransi Pendidikan ??

Gara-gara baca tweet dari Ligwina yang bilang kalo Asuransi Pendidikan ( Aspend ) ga berguna, apalagi yang unitlink punya....
alhasil para teman2 BBGan n' kebanyakan temen d tweet langsung buru2 tutup Aspend-nya n' pengen buru2 bukan RD.
Ok, memang masuk akal dengan hasil yang keluar dr aspend - unitlink memang ga seberapa.
hare gene geto loooohh.... bayar sekolah aja mahal...
mana kekejar hanya dengan Aspend yg nilainya cuma 100jt-an...
menurut gw nie... -MENURUT GW lo ya !!!!-
Asuransi murni di indonesia kurang laku, karena apa ??? di indonesia kebanyakan masyarakatnya ga mau rugi.... Buat apa kita bayar mahal tiap bulan buat Asji 10th, kalo qta ga mati duit angus... Bayar Asuransi Kecelakaan dengan perlindungan 10th, kalo 10th ga pernah celaka ??? Duitnya ilang... padahal kalo ditabung preminya selama 10th udah dapet banyak....
Maka dari itu perusahaan Asuransi bikin yang namanya Unitlink, Asuransi + Investasi, yang intinya.... Kita pemegang asuransi ga merasa rugi, karena kalaupun pada akhirnya ga ada kejadian apa2, duit akan kembali, plus bunganya -karena emang sebagian dari premi kita masuk dalam investasi. OK
yang menjadi masalah bagi Wina, kalo gw tangkep ya... adalah hasil akhirnya yg ga sebanding ama tingkat inflasi selama 10th....
makanya dia lebih prefer RD alias Reksadana drpd Aspend, yang mungkin nilai investasi kita selama 10th hasilnya akan menjadi 10 kali lipat dari hasil Aspend 10th tadi.
Ok, sekarang kembali ke TUJUAN Asuransi sendiri....
buat gw..... begitu kita ikut Asuransi, dan TIBA-TIBA terjadi sesuatu atas gw / suami gw yg notabene sebagai penanggung anak masih akan ada yang nanggung biaya pendidikan anak2 kita.... ga perduli sekecil apapun itu.
coba bandingkan.... kalau sekarang kita bikin polis Aspend unitlink 10 tahun dan RD untuk 10th dengan nilai yang sama, katakanlah 500rb.
dan diluar dugaan, 1th kemudian suami ga ada [ Amit-amit...] kalo kita punya Aspend, sisa 9th akan dibayar dan diteruskan oleh pihak Asuransi.
Lha nasib RD kita gimana ?????? dapet berapa RD qta 1 th ????
apalagi kalo aspend bisa turun di masing2 tahap pendidikannya, TK, SD,SMP, SMA, Kuliah, jadi tiap akan pendaftaran sekolah ada uang yg bisa diambil buat bayar, biarpun kita masih nombok.
Think about it....
kalo emang Suami / penanggung masih hidup sampe 10th lagi.... insya Allah rejeki masih bisa dicari. Lha kalo ga ada ???
Honestly....
setelah baca opini Wina emang sempet terpengaruh n' pengen nutup Aspend-nya, mumpung baru sebulan, jadi ga rugi2 amat.....
tapi tarus keinget tujuan Asuransi itu sendiri.
kenapa ga jalan 2-2nya.... misal mo taro 1jt perbulan d RD buat pendidikan anak kelak, kenapa ga dibikin 350rb / 500rb masuk ke Aspend, dan sisanya ke RD, pun kalo ntar musti nombok, bisa nombok dr RD itu khan ?!?!?!??
once again, pemikiran aq cuma 1, kalo emang bapaknya anak2 baik2 saja sampe 10th kedepan, ya Alhamdulillah masih bisa kumpulin rejeki.
tapi kalopun hal yang buruk terjadi misal cacat permanen sampe ga kerja, Masih ada Asuransi yang bakal nanggung pendidikan anak2, walaupun dengan dana seadanya, ga bisa ke luar negeri, cuma bisa sekolah negeri, Insya Allah kita pasti ngupayain yang terbaik yang bisa didapat dengan dana yang ada.
karena nasib dan umur di tangan Allah, kita ga pernah tau apa dan gmn rencananya....

Akhirnya kemarin memantapkan hati, buat nerusin Aspend Khayra....
sekarang Khayra dulu... insya Allah nanti buat Daffa juga....
Daffa juga berhak buat dapat pendidikan terbaik yang kami mampu.

Bismillahirahmannirrahim.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank U for ur comment, but please don't Judge :)