Jumat, Februari 04, 2011

Gara2 Kick Andy....

Ya, gara2 nonton kick andy malem ini bikin gw jadi gundah....
Maaf, bukan saya ga perduli dgn betapa rusaknya moral generasi muda sekarang ini, tapi gw lebih perduli bakal jadi seperti apa anak2 gw nanti....
As I learn from the show, child does not need a mom nor a dad, they need a Parents!!
Bukan sosok ibu atau bapak yg mereka butuhkan.... Tapi peran kita sebagai ORANG TUA lah yang lebih menentukan. Kenapa gw bilang begitu ?? Krn qta semua bisa jadi seorang bapak atopun ibu, tp ga semuanya bisa berperan sebagai orangtua.
and itu bikin gw jadi bertanya, sejujurnya apakah gw memang sudah siap untuk jadi orang tua ??? Dan jawabannya memang tidak :(
Lalu selanjutnya bagaimana ??? Krn sudah 'terlanjur' jadi Ibu, jadi mau ga mau, siap ga siap qta musti terima kenyataan kl skrg kita udah jadi orang tua dan meng'aktif'kan peran qta sebagai Ibu. [Mother_Mode_ON]

Sekarang masalahnya adalah, untuk menjalani peran sebagai orang tua itu yg bener gimana ???? Kesuksesan jadi orang tua itu tolak ukurnya apa ??
IMO, itu akan kembali ke ekpektasi kita kepada anak2 qta sendiri.
Qta ingin anak yg baik, pintar, berakhlak, kreatif, dan sukses. Sounds so perfect.... Cm sering qta lupa, klo pengen anak yg sempurna, qta juga musti jadi ibu yg sempurna juga.... Pertanyaannya apakah qta mampu ??? Nope!! At least not me....
Baik, pintar, berakhlak, kreatif, sukses..... Semuanya ga bisa diukur.... Lalu gimana qta bisa tau qta sudah berhasil ato belum ???
Back to expectation, gw ga pernah nuntut anak2 gw untuk jadi anak pintar apalagi cerdas.... Gw udah janji ke diri gw sendiri, gw ga akan menuntut anak gw bt juara kelas, atopun dapet rangking 10 besar.
tapi bener kata ibu Elly Risman, qta ga bisa mendidik anak2 kita sama seperti bagaimana kita dibesarkan dulu.... jamannya udah berubah.... teknologi udah berkembang makin canggih....
yup, gw adalah salah 1 mak2 yang menggunakan teknologi computer tablet untuk anak2.... *untung @mamaYeah udah pensiun* tapi gw ga pernah memasrahkan gadget ke tangan anak2 sepenuhnya.....
Teknologi sah2 aja dimanfaatkan tapi tetap di bawah pengawasan orang tua.
gw lebih pilih HP ato Galaxy Tab buat maen daripada beliin PS.
sampe sekarang gw ga pernah kasih Kakak bawa HP, biarpun dia punya W910 yang emang buat dia. HP itu cm dipake kakak buat dengerin musik ato maen game kalo lagi nganggur
ato kalo dia pergi2 sama Ibu entah ke Jogja, entah ke Kudus, dia boleh bawa HP-nya biar kita gampang buat hubungi.
tapi untuk galaxy tab buat kakak masih sebagai reward kalo sehari dia udah ngelakuin to-do-list-nya dengan baik. exp : bangun tidur beresin kasur, taro handuk di gantungan selesai mandi, pulang skolah ganti baju, simpan baju seragam, makan siang, kerjain PR, ditutup dengan tidur siang.... so far, berhasil buat kakak.... it works better with rewards than yelling him all the time....
kenapa disini cuma ngomongin kakak ?? karena anak 7 tahun ini bener2 lebih susah diatur, and kita memang musti hati2 dalam bersikap ama kakak.... kita ga pengen dia salah ngerti ato mikir sendiri yg ga2.
Sebagai bekal anak2 ga cuma butuh pendidikan, tapi juga Akhlak n' Moral yg baik.... dan untuk mengajarkan Akhlak n' Moral yang baik, itu artinya orang tuanya musti berakhlak n' moral yang lebih baik lagi.... and we're still trying to get there...
at least, kita ngajarin mereka soal Allah, apa itu yang Benar n' yang Salah.... minimal kita berusaha menghadirkan Allah dalam kehidupan kita sehari-hari... biarpun belum bisa kaya bapak/ibu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank U for ur comment, but please don't Judge :)